Hukum Shalat Sendirian Dibelakang Shaf

Shalat Sendirian Dibelakang Shaf

Didalam shalat berjamaah, terkadang kita dihadapkan suatu permasalahan yang membutuhkan suatu pemecahan, salah satu diantaranya adalah perihal dengan shalat sendirian dibelakang shaf, adanya suatu pelarangan dari nabi SAW yang menyatakan bahwa tidak sah shalat dibelakang shaf sendirian sehingga Rasulullah SAW memerintahkan agar mengulanginya lagi, sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

1.      Dari Ali bin Syaiban, bahwa Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki shalat sendirian dibelakang shaf, kemudian Nabi berdiri sampai laki-laki itu selesai shalatnya, lalu Nabi mengatakan kepadanya “ulangi shalatmu, karena tidak sah shalat sendirian dibelakang shaf itu” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah, Nailul Authar, 3:209)

2.      Dari Wabishah bin Ma’bad al-Juhani, Bahwasanya Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki shalat sendirian dibelakang shaf. Lalu Nabi memerintahkan kepadanya agar mengulangi shalatnya. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi, serta menghasankan hadits itu dan menshahihkannya Ibnu Hibban)

Lalu bagaimanakah solusinya agar kita tidak shalat sendirian dibelakang shaf dan tetap sah shalat dalam berjamaah? Ada hadits yang menyatakan bahwa kita masuk bila memungkinkan masuk kedalam shaf depannya, apabila tidak mka kita menarik meminta bantuan shaf didepan agar menyertai shaf kita, perhatikan hadits berikut:

3.      Dan menurut riwayat pula dari Thalq bin Ali. “Tidak sah shalat sendirian dibelakang shaf”, Thabarani menambahkan pada hadits Wabishah mengapa engkau tidak masuk bersama mereka (dalam shaf depan) atau menarik seorang (dari shaf untuk menyertainya?)” (Subulussalam, 2:32)

4.      Asy-Syafi’I mendhaifkan hadits ini, dan beliau menyatakan “Andai hadits itu shahih, pasti aku mengatakannya” (tanggapan itu) ditentang Baihaqi –salah seorang pengikut (Syafi’i)- menyatakan hal itu, bahwa meurutnya hadits tersebut kuat. (Nailul Authar, 3:211)

5.      Pendapat yang paling kuat dan benar: sesungguhnya riwayat (hadits-hadits diatas) saling menguatkan, serta tidak saling menjatuhkan kesemuanya bersandar (bersanad) pada yang shahih serta rawi-rawi tsiqat. (Sunan Imam Tirmidzi dengan syarah Ahmad Muhammad Syakir, 1:45)

6.      Menurut Zaila’I dalam (Nasbi ar-Raayah, 1:244) hadits tersebut. Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya dengan dua sanad tersebut diatas, kemudian ia menyatakan “Hilal bin Yasaf mendengar dari Umar bin Rasyid dan dari Ziyad bin Abi al-Ja’di, dari Wabishah bin Ma’bad”. Jadi kedua hadits tersebut diatas adalah kuat

7.      Menurut kebanyakan pengikut Syafi’I, seyogyanya seseorang menarik seseorang lain untuk menyertainya. Dan orang yang ditarik itu hendaknya membantunya. Dalam hal ini tidak ada perbedaan, baik yang datang di tengah-tengah shalat maupun yang datang dpermulaan shalat. (Tuhfathul Ahwadzi, 2:25)

Kesimpulan:

Dari keterangan-keterangan diatas dapat kita ambil bahwa:

1.      Shalat sendirian dibelakang shaf itu tidak sah dan harus mengulanginya kembali

2.      Cara agar shalat kita sah jika datang sendirian menuju shalat berjamaah adalah masuk keshaf depan jika memungkinkan, jika tidak memungkinkan bisa menarik salah seorang didepannya untuk menyertai kita shalat dishaf belakang dan haditsnya adalah kuat.

About rendyadamf
assalamu'alaikum wrwb..salam kenal buat teman - teman semuanya..gw rendy TTL : Bandung, 30-06-84. gw kuliah di UNISBA. gw nulis blog ini hanya untuk curahkan semua pemikiran gw..dan gw udah ubah haluan jalan hidup gw..menjadikan jihad sebagai satu-satunya jalan hidup gw!!

One Response to Hukum Shalat Sendirian Dibelakang Shaf

  1. Abu salma says:

    salah satu hal yang sering saya temui.hanya saja yang menyulitkan adalah apabila makmum yang kita tarik untuk menemani kt sholat agar kita tidak sholat sendiri dibelakang shof paham atau tidak akan adanya kaidah ini.takutnya orang yang kita tarik tadi malah membatalkan sholatnya.Wallohi tidak kukafiri sunnah hanya ak butuh ilmu buat mengamalkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: