Apakah Sebelum Berdoa kita Wajib Bersalawat

Tentang membaca salawat sebelum berdoa,ada beberapa hadis sebagai berikut

“tiap-tiap doa terdinding, sebelum disalawatkan atas Muhammad saw (H.R Thabrani : Tuhfatudz-dzakirien hal.31)

 

Keterangannya :

a.   Ucapan ini bukan sabda Nabi saw, tetapi omongan Ali bin Abi Thalib, Al-         Mundziriy berkata : “sesungguhnya omongan itu mauquf (ucapan sahabat)         (Tuhfatudz-dzakirin 31 dan Tahrieb wat-Targhieb 2:224). Maka belum dapat          dipakai sebagai alasan.

b.   Ad-Dailami ada juga meriwayatkan hadis itu, tapi lemah, karena dalam sanadnya ada rawi bernama Muhammad bin Abdil-Aziz, Ad-Dienuriy seorang    rawi lemah (tuhfatudz-dzakirin 31)

 

“Sesungguhnya doa itu terhenti antara langit dan bumi. Tidak sedikitpun dari doa itu yang dapat naik sebelum disalawatkan atas Nabimu saw”

Keterangan :

a.   Hadis itu diriwayatkan oleh Turmudzi, bab witir

b.   Hadis itu bukan sabda Nabi saw, tapi ia adalah omongan Umar bin Khattab      (tuhfatudz-ahwadzi no.484). Selain itu, hadis ini majhul (tidak dikenal).

c.   Riwayat ini juga tidak dapat dijadikan alasan untuk sunat membaca salawat        sebelum berdoa.

Untuk menyunatkan orang bersalawat sebelum berdoa, ada yang membawakan riwayat berikut : Fadhalah bin Ubaid berkata :

 

“Nabi saw pernah mendengar seorang laki-laki berdoa dalam slatnya, tetapi ia tidak bersalawat untuk Nabi saw. Lalu Nabi saw bersabda “alangkah cepatnya orang ini” kemudian Nabi memanggilnya, lalu berkata kepadanya atau kepada yang lainnya. Apabila ia mulai dengan memuji Allah dan menyanjungNya, kemudian hendaklah ia bersalawat atas Nabi saw kemudian ia boleh berdoa sesudah itu apa yang ia kehendaki (H.R Turmudzi H. No. 3546, Bulughul maram H. No. 335, Tuhfatudz-dzakirin 31)

 

Keterangan :

a.   Kata ornag yang menganggap sunat besalawat sebelum bedoa itu, bahwa dalam hadis tersebut, Rasulullah menyuruh orang itu membaca salawat lalu berdoa.

b.   Bahantahannya : Itu betul, tapi perintah itu adalah dalam salat sedang dalam salat sesudah mambaca attahiyat biasa ada bacaan salawat. Maka salawat itu tidak ada hubungannya dengan doa, begitu juga sebaliknya. Hadis itu sekedar mau menunjukan bahwa dalam salat di antara tempat-rempat yang dibolehkan kita berdoa, adalah di akhir sekali sebelum salam. Sebelum salam ada attahiyat dan salawat. Maka tempat berdoa itu dengan sendirinya terletak sesudah slawat.

 

Kalau dalam attahiyat orang tidak membaca salawat, tentu doa itu terletak sesudah attahiyat. Ini manunjukan tidak mesti doa itu didahului dengan salawat.

c.   Hadis itu, berhubungan dengan doa dalam salat yang kebetulan sebelumnya ada salawat sedangkan yang menjadi pertanyaan adalah doa diluar salat. Maka tidak dapat doa diluar salat itu diqiaskan atau disamakan dengan doa dalam salat

d.   Dari bantahan tersebut dapatlah diketahui bahwa, hadis no.3 ini, walaupun sahih, tidak dapat dijadikan pembantu (syahid) bagi hadis no.1 dan no.2 yang lemah itu

 

Kesimpulan :

 

Dari semua pembicaraan di atas, nyatalah bahwa tidak ada satupun hadis atau riwayat yang sahih yang menganjurkan mengucap salawat sebelum berdoa diluar salat

Peringatan :

Salawat memang baik, tetapi kalau diletakan bukan pada tempatnya, sudah tentu ia menjadi tidak baik, karena bid’ah

 

About rendyadamf
assalamu'alaikum wrwb..salam kenal buat teman - teman semuanya..gw rendy TTL : Bandung, 30-06-84. gw kuliah di UNISBA. gw nulis blog ini hanya untuk curahkan semua pemikiran gw..dan gw udah ubah haluan jalan hidup gw..menjadikan jihad sebagai satu-satunya jalan hidup gw!!

3 Responses to Apakah Sebelum Berdoa kita Wajib Bersalawat

  1. ijin share ya di blog saya kang

  2. rendyadamf says:

    badroe: iya silahkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: