Siapakah Ulil Amri ?

Taatilah Ulil Amri

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. An-Nisa’: 59)

Pertanyaan pertama yang biasa diajukan terkait ayat diatas adalah, siapakah ulil amri itu? Untuk menjawabnya kita bisa merujuknya pada kata yang sama dalam al-Quran, diantaranya:

Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan ulil Amri). kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). (An-Nisa’: 83)

Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa ulil ari itu adalah pemimpin selain Rasul SAW.

Jika dirujuk pada arti bahasanya sendiri, ulil amri artinya yang mempunyai urusan, wewenang, perintah. Bisa kita sebut yag berwenang, yang mengatur urusan, atau pemerintah. Pernyataan Allah SWT “Di antara kalian/mereka” dalam ayat diatas menandakan bahwa ulil ari ini banyak tergantung pada wilayah dan sector mana “kalian / mereka” berada. Imam Ibn Katsir sendiri bahwa ulil amri ini bisa umara (para pemimpin) atau ulama (para alim ulama). Sementara al-Bukhari lebih condong pada pada pemaknaan ulil amri sebagai para pemimpin yang bukan ulama (Fathul-Bari 15:4, kitab al-ahkam bab Fiman Allah Ta’ala QS. An-nisa’:4)

Baik Imam Ibn Katsir ataupun al-Bukhari sama-sama menafsirkan ayat diatas dengansebuah hadits yang diriwayatkan tentang seorang komandan perang yang menyuruh pasukannya masuk kedalam api yang membara. Ketikaitu terjadi perdebatan keharusan taat kepada ulil amri. Akan tetapi sesaat kemudian komandan perang tersebut mencabu perintahnya. Mendengar kasus ini Rasul SAW langsung menyatakan: “Hanyasanya ketaatan itu dalam kebaikan” (Shahih al-Bukhari kitab al-ahkam bab as’sam wa-tha’ah lil-imam ma lam takun ma’syhatan no.6612). Artiny kalau pemimpin menyuruh yag tidak baik, jangan diikuti, Tetapi selama perintahnya itu baik, maka wajib diikuti.

Dari hadits diatas kemudian dipahami bahwa ulil amri itu bukan hanya imam a’zham (pemimpin tetinggi), tetapi juga pemimpin yang palig bawah sekalipun, seperti seorang komandan perang. Ketaatan kepada ulil amri ini tidak mutlak semutlak kepada Allah SWT dan Rasul SAW, buktinya Nabi SAW memberikan criteria taat hanya dalam yang ma’ruf. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi Allah dan Rasul-Nya, karena keduanya menitahkan yang ma’ruf. Ini sekaligus menjadi penjelas atau penggunaan kata athi’u yang disebut pada Allah dan Rasul, tetapi tidak disebut ulil amri. Terlebih kelanjutan ayat di atas juga menyatakan fa rudduhu ilil-‘Llah war-rasul, tanpa menyebutkan ulil amri. Artinya yang mutlak hanya Allah dan Rasul-Nya.

Menurut Imam as-Syafi’I ketaatan pada pemimpin ini merupakan identitas agama Islam. Di Masa jahiliyah hampir tidak dikenal istilah “ketaatan kepada ulil amri” Secara tidak beradab masyarakat jahiliyyah seenaknya melanggar titah pemimpin. Maka dari itu jangan heran kalau orang yang tidak mengamalkan ajaran ini disebut oleh Nabi SAW seperti orang jahiliyyah. Tapi ingat, sebatas ma’shiyat, karena hanya “seperti” (Fathul-Bari 15:4-5)

 

 

 

 

 

About rendyadamf
assalamu'alaikum wrwb..salam kenal buat teman - teman semuanya..gw rendy TTL : Bandung, 30-06-84. gw kuliah di UNISBA. gw nulis blog ini hanya untuk curahkan semua pemikiran gw..dan gw udah ubah haluan jalan hidup gw..menjadikan jihad sebagai satu-satunya jalan hidup gw!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: