Brotha Sistah

Pernikahan adalah ibadah dan merupakan sunnah Rasul SAW, didalamnya terdapat beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh Allah SWT dan RasulNya (syari’at). Salah satu syarat sahnya pernikahan adalah kita menikah dengan wanita yang halal kita nikahi, sekarang kita dihadapkan pada suatu permasalah, yaitu:

  1. Siapa sajakah wanita yang halal kita nikahi.
  2. Siapa saja yang haram kita nikahi.
  3. Apakah haramnya itu bersifat selamanya atau sementara.

Beberapa permasalahan yang akan kita bahas pertama ini adalah beberapa sebab perempuan haram dinikah, yaitu :

  • Muharramaatun binnasab, adalah perempuan yang haram dinikah karena adanya ikatan nasab (ikatan keturunan), mereka haram dinikah untuk selamanya. Ibnu Abbas mengatakan mereka ada tujuh, yaitu :

    • Al-Ummahaat, adalah ibu yang melahirkan kita, ibunya ibu, neneknya ibu, dan seterusnya sampai ke atas. Dan juga ibunya bapak, ibunya ibu bapak, dan seterusnya sampai ke atas.

    • Al-banaat, adalah anak perempuan yang kita lahirkan (anak kandung), anak dari anak kita (cucu), disini bia cucu perempuan dari anak laki-laki kita atau cucu peempuan dari anak perempuan kita, dan seterusnya sampai kebawah.

    • Al-Akhowaat, adalah saudara perempuan (kaka atau adik) apakah seibu sebapak, seibu tidak sebapak, atau sebapak tidak seibu.

    • Al-’Ammaat, adalah saudara perempuan bapak (uwak atau bibi) apakah seibu sebapak, seibu beda bapak, atau sebapak beda ibu. Termasuk al-’ammaat adik atau kakak perempuan dari kakek dan seterusnya ke atas.

    • Al-Khaalaat, adalah saudara perempuan ibu (uwak atau bibi) apakah seibu sebapak, seibu tidak sebapak, atau sebapak tidak seibu. Termasuk al-khaalaat adik atau kakak perempuan dari nenek dan seterusnya ke atas.

    • Banaatul akh, adalah anak perempuan dari saudara laki-laki (kakak atau adik), apakah dari adik atau kakak sibu sebapak, atau sebapak tidak seibu. Termasuk banaatul akh cucu mereka yang perempuan.

    • Banaatul ukht, adalah anak perempuan dari saudara perempuan dari saudara (kakak atau adik), apakah dari adik atau kakak seibu sebapak, seibu tidak sebapak tau sebapak tidak seibu. Termasuk banaatul ukht cucu mereka yang perempuan.

    Allah SWT dalam Quran surat An-Nisa : 23

    Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibu kamu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapamu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, nak-anak perempuan dari saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudaramu yang perempuan.

    • Muharramatun bin Mushahaarah, adalah perempuan yang haram dinikah karena adanya hubungan kekeluargaan dengan sebab adanya hubungan pernikahan (saudara semenda). Mereka haram selamanya dan jumlahnya ada empat, yaitu:

    • Ummahaatu nisaaikum, adalah ibu dari istri (mertua), termasuk ibu adri ibu mertua dan ibu dari mertua (nenek mertua) dan selanjutnya sampai ke atas. Allah SWT berfirman ”…dan (diharamkan menikahi) ibu-ibu dari istri kalian (mertua)…” Q.S An-Nisa : 23.

    Diharamkannya menikahi mertua disebabkan atau disyaratkan karena akad nikah, baik telah berhubungan bada atau belum berhubungan badan dengan anaknya (istri kita).

    • Rabiibah, adalah anak bawaan istri (anak tiri), anak perempuan dari anak tiri permpuan dan anak perempuan dari anak tiri laki-laki (cucu tiri). Allah SWT berfirman :

    ”…Dan (diharamkan atas kalian untuk menikah) anak-anak istrimu yang dala pemeliharaanmu dari istri-istri yang telah kamu campuri…” Q.S An-Nisa : 23

    Anak tiri haram untuk dinikahi apabila telah terjadi hubungan sebadan dengan ibunya, sedangkan bila belum berhubungan sebadan dengan ibunya lalu terjadi perceraian atau kematian maka tidak diharamkan untuk menikahi anaknya. Sebagaimana firman Allah SWT :

    ”…tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa atas kamu (untuk menikahi anaknya)..” Q.S An-Nisa : 23

    Dari ayat diatas ulama ahli ushul menetapkan kaidah :

    Menikahi anak mengharamkan ibu dan dukhul (hubungan sebadan) dengan ibu mengharamkan anak.

    Catatan :

    Perkataan ”yang ada dalam pemeliharaanmu” bukan sebagai syarat ataupun pembatas melainkan hanya menerangkan kejadian yang biasa menjadi pada saat itu, yaitu sudah menjadi kebiasaan pda saat itu bahwa anak tiri berada dalam pemeliharaan bapak tiri, maka anak tiri itu brada dalam pemeliharaan bapak tiri ataupun tidak tetap hukumnya haram untuk dinikahi.

    • Zaujatul Abb, adalah istri bapak (ibu tiri), Allah SWT berfirman :

    ”Dan janganlah kamu menikahi perempuan-perempuan yang telah dinikahi oleh bapakmu..” Q.S An-Nisa : 22

    Mantan istri bapak/ibu sama seperti ibu mertua, haram dinikahi karena telah terjadi kad dengan bapak kita

    • haliilatul Ibn, adalah istri dari anak (menantu), termasuk istri dari cucunya

    Allah SWT berfirman :

    ”…Dan (diharamkan atas kamu untuk kamu istri-istri anak kandungmu (menantu)..”Q.S An-Nisa : 23

    Adapun janda dari anak angkat boleh untuk dinikahi, seperti rasulullah SAW menikahi jand Zaid bin Haritsah.

    .

    • Muharamatun birradha’ah, adalah perempuan yang haram dinikahi karena ada hubungan sepersusuan, hubungan sepersusuan ini sama halnya dengan keharaman karena nasab, (haram selamanya). Jumlah mereka ada tujuh, yaitu :
      1. Ibu susu
      2. Nenek susu (ibunya ibu susu atau ibunya suami susu)
      3. Bibi atau uwak susu(adik atau kakak perempua ibu susu atau adik atau kakak perempuan nenek susu)
      4. Bibi atau uwak susu (adik/kakak perempuan suami ibu susu, adik/kakak perempuan kakek susu)
      5. Kemenakan susu (anak perempuan dari saudara sesusu. Termasuk di dalamnya cucu perempuan saudara sesusu)
      6. Anak susuan dari istri kita, dan anak dari anak susuan istri kita.
      7. Saudara sesusu (anak perempuan dari ibu susu, anak kandung dari ibu susu atau anak susuan, apakah diusui dalam waktu bersamaan atau tidak, anak perempuan dari anak susuan)

    Allah SWT berfirman :

    ”..Dan diharamkan atas kamu untuk menikahi ibu-ibumu yang menyusuimu (ibu susu), dan saudara sepersusuan…”(Q.S An-Nisa : 23)

    Rasulullah SAW bersabda :

    ”Dia (anak perempuan Hamzah) itu tidak halal bagiku untuk menikahinya, karena diharamkan dengan sebab adanya hubungan sesususan sebagaimana diharamkan dengan sebab adanya hubungan nasab. Dia itu anak dari saudara sesusuku. (H.R Bukhari no : 2645)

    Maksud hadits diatas adalah apabila anak perempuan seorang anak menyusu kepada seorang perempuan yang bukan ibu kandungnya, maka anak itu haram untuk menikahinya (ibu susu) dan haram pula menikahi nasabnya.

    Syarat-syarat seorang anak menjdai anak susuan adalah

    • ” Dari Aisyah ia bekata ”di antara (hukum-hukum) yang diturunkan didalam alquran adalah sepuluh isapan yang sudah maklum menjadikannya haram (anak susuan), lalu dimansuhkan (diganti) dengan lima isapan yang sudah maklum menjadikannya haram (anak susuan), lalu Rasulullah SAW wafat dalam keadaan yat itu dibaca sebagai al-quran ” H.R Muslim

    • ” Ummu Al-fadl berkata ”nabi SAW bersabda ’satu isapan atau dua isapan tidak menjadikannya haram (tidak menjadikan ak susuan ” H.R Muslim, Shahih Muslim no: 3578

    • Anak seseorang menjadi anak susuan jika umurnya di bawah 2 tahun, jika lebih tidak menjadi anak susuan, seperti firman Allah SWT

    ”Dan hendaklah para ibu menyusukan anaknya selama dua tahunpenuh yaitu bagi mereka yang hendak menyempurnakan penyusuannya…” Q.S Al-Baqarah:233

    Penyusuan tidak menjadi haram melainkan yang memberi bekas di perut (meguatkan tulang dan menumbuhkan daging), dan hal itu terjadi sebelum disapih (sebelum dua tahun). H.R Tirmidzi

    Jadi selain yang disebutkan di atas boleh untuk dinikah, termasuk yang sering ditanyakan apakah sepupu itu mahram kita? Maka jawabannya adalah bukan.

    About rendyadamf
    assalamu'alaikum wrwb..salam kenal buat teman - teman semuanya..gw rendy TTL : Bandung, 30-06-84. gw kuliah di UNISBA. gw nulis blog ini hanya untuk curahkan semua pemikiran gw..dan gw udah ubah haluan jalan hidup gw..menjadikan jihad sebagai satu-satunya jalan hidup gw!!

    13 Responses to Brotha Sistah

    1. jo says:

      Asslamualaikum wr.wb…
      pa kbr band asylum?????he,,

      blog y kren abiz dh..cover y nirvana bgt tp next page y Qur’an n hadist,,, jrang tuh A blog yg ky gini,,tolong ajarin dunk A bkin y,,,he,,

      pokoknya sip dh A,, sukses bwt asylum,,,,

    2. rendyadamf says:

      Wala’alikumussalam wrwb..asylum baek man thnx..uehehe,,thnx jg bwt support blognya..oo olray nti ada tutorialnya bwt blog segera staytune aja di blog ini yuph??suxes jg bwt lu Jo..

    3. rendyadamf says:

      eh wa’alaikumussalam wrwb..kunaon bs salah kitu heuheu

    4. v h a says:

      assalamu’alaikumwrwb…….

      halah jd gmn atuh ini teh??

      v trmasuk y mana ren?

      heuheu

    5. OnVa_BlacK says:

      V termasuk,,,cucunya Nabi Adam.as,,,hahahahaha

    6. rendy says:

      WA’ALAIKUMUSSALAM WRWB,,EVA TERMASUK YANG BUKAN MAHRAMNYA RENDY HEUHEU..ALIAS HALAL DINIKAH..UEHEHE

    7. OnVa_BlacK says:

      si Eva langsung terbang tuh rend,,,,gara2 loe bilang halal dinikahin rendy,,ahahayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    8. mar says:

      Assalamu’alaikum wr.wb
      ren req nasyid donk dr the zikr atau opick ya…..
      eh ren muat n bahas juga dalil-dalil tentang rokok ya, di tunggu looo nga pake lama hehe. mkch….wassalamu’alaikum

    9. rendyadamf says:

      Wa’alaikumussalam wrwb..ok sobat insya Allah..staytune aja disini ok..g lama..hehe tq mar

    10. OnVa_BlacK says:

      Wa’alaikumussalam wrwb,,,,,,
      gw setuju ama si mar,,,,,nasyid n opick di muat donk cuyyyyyyyyy
      hehehehe dalil2 rokok,,kedengerannya enak tuch,hahahahaha
      gw minta dalilnya rokok garpit,,,,hahaha

    11. rendyadamf says:

      huy mp3 nasheed nya udah tuh va and mar…about smokey nti y,,sgera..hehe,,garpit?yuuukkkkk

    12. OnVa_BlacK says:

      cuyyy,,,ko loe ga oll Ym semalem,,,,,,napa loe?????
      kirain loe dah tewas semalem,hehehehe

    13. rendyadamf says:

      gw semalem ngurusin blog neh ada yg request chuy,,sory,,mlm ini lah gw OL owray…thanx lur hahaha

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: