Adakah Doa Kafaratul Majelis

Berdoa setelah selesai acara, yang kemudian “populer” dengan sebutan kafaratul majlis, merupakan fenomena yang menarik perhatian Hal itu dapat dilihat dari munculnya berbagai pertanyaan yang diajukan di seputar itu. Mudah-mudahan pembahasan ini dapat memperjelas kedudukan doa kaffaratul majlis itu

Redaksi Doa Kafaratul Majlis

Pada umumnya, lafal doa kafaratul majlis yang sering diucapkan adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ  –رواه ابو داود –

Sejauh  penelitian kami, lafal doa kafaratul majlis itu sangat beragam, dan hadis-hadisnya disampaikan oleh beberapa orang sahabat, yaitu.

A.    Versi Abu Barzah

عَنْ أَبِي بَرْزَةَ الْأَسْلَمِيِّ قَالَ لَمَّا كَانَ بِأَخَرَةٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ (صلعم) إِذَا جَلَسَ فِي الْمَجْلِسِ فَأَرَادَ أَنْ يَقُومَ قَالَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ لَتَقُولُ الْآنَ كَلَامًا مَا كُنْتَ تَقُولُهُ فِيمَا خَلَا فَقَالَ هَذَا كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُونُ فِي الْمَجَالِسِ – الدارمي , سنن الدارمي 2: 367 –

Hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Abu Syaibah, Al-Mushannaf VI:41; Al-Bazzar,Musnad Al-Bazzar IX:295-296.

Keterangan di atas menunjukkan bahwa bacaan ini diucapkan oleh Nabi pada akhir hayatnya.

B. Abu Hurairah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ (صلعم) مَنْ جَلَسَ فِي مَجْلِسٍ <span>فَكَثُرَ فِيهِ لَغَطُهُ</span> فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُومَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ فِي مَجْلِسِهِ ذَلِكَ – الترمذي –

Hadis ini diriwayatkan pula oleh Al-Haitsami, Mawaridud Dham-an I:588; At-Thahawi,Syarh Ma’anil Atsar IV:289; Ahmad. Sedangkan pada riwayat Abu Daud menggunakan redaksi sebagai berikut:

كَلِمَاتٌ لَا يَتَكَلَّمُ بِهِنَّ أَحَدٌ فِي مَجْلِسِهِ عِنْدَ قِيَامِهِ <span>ثَلَاثَ مَرَّاتٍ</span> إِلَّا كُفِّرَ بِهِنَّ عَنْهُ وَلَا يَقُولُهُنَّ فِي مَجْلِسِ خَيْرٍ وَمَجْلِسِ ذِكْرٍ إِلَّا خُتِمَ لَهُ بِهِنَّ عَلَيْهِ كَمَا يُخْتَمُ بِالْخَاتَمِ عَلَى الصَّحِيفَةِ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span>

Keterangan di atas menunjukkan bahwa riwayat Abu Huraerah ada dua versi; pertama bacaan ini diucapkan apabila pada majlis itu banyak laghat-nya (ucapan-ucapan bathil/tidak bermanfaat), serta pada lafalnya ada kalimat “asyhadu”. Kedua, bacaan ini diucapkan pada majlis dzikir/kebaikan sebanyak 3 kali, serta pada lafalnya tidak ada kalimat “asyhadu”.

c. Jubair bin Muth’im

عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  (صلعم) مَنْ قَالَ <span>سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ</span> فَقَالَهَا فِي مَجْلِسِ ذِكْرٍ كَالطَّابِعِ يُطْبَعُ عَلَيْهِ وَمَنْ قَالَهَا فِي مَجْلِس لَغْوٍ كَانَتْ كَفَّارَةً لَهُ – رواه الطبراني, المعجم الكبير 2: 138 –

Pada riwayat at-Thabrani lainnya dengan redaksi.

كَفَّارَةُ الْمَجْلِسِ أَنْ لاَ يَقُوْمَ حَتَّى يَقُوْلَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ تُبْ عَلَيَّ وَاغْفِرْ لِي يَقُوْلُهَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ</span> فَإِنْ كَانَ مَجْلِسَ لَغَطٍ كَانَتْ كَفَّارَةً لَهُ وَإِنْ كَانَ مَجْلِسَ ذِكْرٍ كَانَتْ طَابِعًا عَلَيهِ –المعجم الكبير 2: 139 –

D. Aisyah

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ (صلعم) كَانَ <span>إِذَا جَلَسَ مَجْلِسًا أَوْ صَلَّى تَكَلَّمَ بِكَلِمَاتٍ</span> فَسَأَلَتْهُ عَائِشَةُ عَنِ الْكَلِمَاتِ فَقَالَ إِنْ تَكَلَّمَ بِخَيْرٍ كَانَ طَابِعًا عَلَيْهِنَّ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَإِنْ تَكَلَّمَ بِغَيْرِ ذَلِكَ كَانَ كَفَّارَةً لَهُ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> – رواه النسائي –

Hadis ini diriwayatkan pula oleh At-Thahawi, Syarh Ma’anil Atsar IV:290; At-Thabrani,al-Mu’jamul Ausath VII:166; Majma’uz Zawaid X:142, dengan redaksi sebagai berikut:

مَاكَانَ رَسُوْلُ اللهِ  (صلعم) يَقُوْمُ مِنَ الْمَجْلِسِ إِلاَّ قَالَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ  رَبِّيْ وَبِحَمْدِكَ </span><span>لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ </span><span> أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> … – رواه الطحاوي -

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ (صلعم) <span>إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى سَقْفِ الْبَيْتِ</span> قَالَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> قَالَتْ عَائِشَةُ فَسَأَلْتُهُ عَنْهُنَّ فَقَالَ أُمِرْتُ بِهِنَّ – رواه الطبراني -

Menurut Imam As-Suyuthi (Al-Jami’us Shagir I:118), An-Nasai meriwayatkan pula hadis ini pada kitabnya Amalul yaum wal lailah dengan redaksi

مَاجَلَسَ رَسُوْلُ اللهِ  (صلعم) مَجْلِسًا وَلاَ تَلاَ قُرْآناً وَلاَ صَلَّى إِلاَّ خَتَمَ ذلِكَ بِكَلِمَاتٍ فَقُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ أَرَاكَ مَا تَجْلِسُ مَجْلِسًا وَلاَ تَتْلُوْ قُرْآنًا وَلاَ تُصَلِّي صَلاَةً إِلاَّ خَتَمْتَ بِهؤُلاَءِ الْكَلِمَاتِ قَالَ نَعَمْ مَنْ قَالَ خَيْرًا كُنَّ طَابِعًا لَهُ عَلَىذَلِكَ الْخَيْرِ وَمَنْ قَالَ شَرًّا كَانَتْ كَفَّارَةً لَهُ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ  أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span>

E. Abdullah bin Mas’ud

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ يَقُوْلُ كَفَّارَةُ الْمَجْلِسِ أَنْ يَقُوْلَ الْعَبْدُ بَعْدَ أَنْ يَقُوْمَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ  أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> – رواه الطبراني, المعجم الأوسط 2: 54 –

Lafal doa ini diriwayatkan pula oleh At-Thabrani dengan tambahan kalimat “asyhadu” setelah kalimat “wabihamdika”.

F. Rafi’ bin Khadij

عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيْجٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُ (صلعم) لاَ يَقُوْمُ مِنْ مَجْلِسٍ حَتَّى يَقُوْلَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ   أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ </span>ثُمَّ يَقُوْلُ إِنَّهَا كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُوْنُ فِي الْمَجْلِسِ  – رواه الطبراني, المعجم الأوسط 4: 372 –

G. Az-Zubair bin Awam

عَنِ الزُّبَيْرِ بْنِ الْعَوَّامِ قَالَ قُلْنَا يَارَسُوْلَ اللهِ إِذَا قُمْنَا مِنْ عِنْدِكَ أَخَذْنَا أَحَادِيْثَ الجَاهِلِيَّةِ قَالَ إِذَا جَلَسْتُمْ تِلْكَ الْمَجَالِسَ الَّتِي تَخَافُوْنَ مِنْهَا عَلَى أَنْفُسِكُمْ فَقُوْلُوْا عِنْدَ مَقَامِكُمْ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ  أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span>  يُكَفِّرُ عَنْكُمْ مَا أَصَبْتُمْ فِيْهَا  – رواه الطبراني,المعجم الأوسط 7: 82 –

 

H. Anas bin Malik

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ الله  (صلعم) كَفَّارَةُ الْمَجْلِسِ أَنْ يَقُوْلَ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> رواه البزار والطبراني في الأوسط – مجمع الزوائد 10 : 141 –

I. Abul Aliyyah

عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ الرَّايِحِيْ قَالَ قَالُوْا يَارَسُوْلَ اللهِ مَاكَلِمَاتٌ سَمِعْنَاكَ تَقُوْلُهُنَّ قَالَ كَلِمَاتٌ عَلَّمَنِيْهِنَّ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَفَّارَةُ الْمَجْلِسِ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ </span><span>أَشْهَدُ </span><span>لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ  أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span>  – رواه النسائي,  عمل اليوم والليلة ص. 321 –

عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ عَنِ النَّبِي (صلعم) كَفَّارَةُ الْمَجْلِسِ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ </span><span>أَشْهَدُ </span><span>لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ  أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span>   – رواه النسائي, عمل اليوم والليلة ص. 322 –

J. Abdullah bin Amr

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيِّ  (صلعم)  قَالَ كَفَّارَةُ الْمَجْلِسِ <span>سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ  أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ</span> رواه الطبراني  – مجمع الزوائد 10 : 142 –

K. Abu Umamah

كَانَ إِذَا جَلَسَ مَجْلِسًا فَأَرَادَ أَنْ يَقُوْمَ إِسْتَغْفَرَ عَشْرًا إِلَى خَمْسَ عَشْرَةَ, رواه ابن السني عن أبي أمامة – الجامع الصغير 1: 118

Paparan data di atas menunjukkan bahwa hadis-hadis tentang kafaratul majlis cukup banyak. Namun jumlah inilah yang menyebabkan masalah itu menjadi tidak jelas sunahnya. Hal itu dapat kita lihat dari aspek matan sebagai berikut:

Secara redaksional, hadis  tentang kafaratul majlis ini mengandung empat hal yang tidak dapat dipastikan.

Pertama, tidak ada kepastian bagaimana sebenarnya redaksi bacaan yang diajarkan Jibril kepada Nabi. Versi Abu Barzah, Abul Aliyyah, Abdullah bin Amr, Abu Hurairah, dan Abdullah bin Mas’ud:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْك

Versi Abu Hurairah yang lainnya dan Az-Zubair bin Awam:

 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Versi Jubair bin Muth’im:

  • سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
  • سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ تُبْ عَلَيَّ وَاغْفِرْ لِي

Versi Aisyah, Rafi’ bin Khadij, dan Anas bin Malik:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Versi Aisyah yang lainnya:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبِّيْ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

 

Versi Abu Umamah

إِسْتَغْفَرَعَشْرًا إِلَىخَمْسَ عَشْرَةَ

Kedua, tidak ada kepastian tentang berapa kali bacaan-bacaan tersebut diucapkan. Pada riwayat Abu Daud sebanyak 3 kali dengan redaksi

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Pada riwayat At-Thabrani sebanyak 3 kali dengan redaksi

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ تُبْ عَلَيَّ وَاغْفِرْ لِي

Sedangkan pada riwayat Ibnu Suni sebanyak 10 sampai 15 kali tanpa disebutkan lafalnya, namun hanya disebut istaghfara.

Ketiga, tidak ada kepastian tentang waktu pengucapannya. Menurut versi Abu Hurairah, diucapkan apabila pada majlis tersebut banyak ucapan bathil/sia-sia. Menurut Versi Abu Hurairah lainnya pada majlis kebaikan dan dzikir. Menurut versi Az-Zubair bin Awam, diucapkan apabila dikhawatirkan pada majelis itu terdapat ucapan-ucapan jahiliyah. Menurut versi Aisyah dan Jubair bin Muth’im, diucapkan pada majlis apa saja, baik zikir maupun yang banyak ucapan bathil/sia-sia. Yang perlu diperhatikan, apabila diucapkan pada majlis dzikir/kebaikan, maka pengertian “kafaratul majlis” menjadi tidak jelas.

Keempat, tidak ada kepastian tentang tempat pengucapannya. Menurut versi umumnya, tidak disebutkan tempatnya, hanya disebut kafaratul majlis. Menurut versi Aisyah, diucapkan pada suatu majlis atau ketika salat. Menurut versi Aisyah lainnya, ketika berdiri hendak meninggalkan majlis. Menurut versi Aisyah lainnya, diucapkan oleh Rasul ketika melihat langit-langit rumahnya. Menurut versi Aisyah lainnya, diucapkan oleh Rasul setelah selesai majlis, membaca quran, dan selesai salat. Menurut versi Abdullah bin Mas’ud, diucapkan setelah berdiri. Menurut versi Rafi bin Khadij dan Abu Umamah, diucapkan ketika hendak berdiri. Menurut versi Az-Zubair bin Awam, ketika berdiri.

Kenyataan ini menunjukkan ada sesuatu yang patut dicurigai dengan pemberitaannya. Hal itu terbukti dengan ditemukannya beberapa rawi yang tidak dapat dipercayai periwayatannya, yaitu:

1.      A. Pada hadis Abu Hurairah riwayat Al-Haitsami At-Thahawi, dan At-Tirmidzi terdapat rawi bernama Suhail bin Abu Shalih. Kata Ibnu Hajar, “Shaduq (jujur), hapalannya berubah di akhir hayatnya” . Taqribut Tahdzib, I:234. Ad-Dzahabi berkata, “Dia termasuk hafizh terkemuka, namun dia menderita sakit yang mempengaruhi hapalannya.” Siyaru A’lamin Nubala, V:459. Ali al-Madini berkata, “Saudara Suhail wafat, lalu hal ini mempengaruhinya, sehingga ia lupa terhadap banyak hadis.” An-Nubala, V:460. Yahya bin Ma’in berkata, “Dia tidak kuat dalam hadis” Mizanul I’tidal, III:339.

B.     Sedangkan pada riwayat Abu Daud terdapat rawi Sa’id bin Abu Sa’id al-Maqburi. Syu’bah berkata, “Buruk hapalannya setelah ia tua” Ibnu Sa’ad berkata, “Dia tsiqat, tetapi 4 tahun sebelum wafat, hapalannya berubah (pikun).” Kitabul Mukhtalithin I:39. Al-Waqidi berkata, “Keadaannya sudah tua hingga pikun pada 4 tahun sebelum wafatnya.” Tahqiq Tahdzibul Kamal X:470. Ya’qub bin Syaibah berkata, “Dia sudah tua, hapalannya berubah dan sebelum wafatnya ia pikun.” Tahqiq Tahdzibul Kamal X:470

2.       Pada hadis Anas riwayat At-Thahawi terdapat rawi bernama Usman bin Mathar. Ibnu hajar berkata, “ Dia lemah.” Taqribut Tahdzib I:396. Yahya bin Ma’in berkata, “ Dia lemah benar-benar lemah” Abu Zur’ah berkata, “ Haditsnya lemah” Abu Hatim berkata, “ Haditsnya lemah, haditsnya munkar, haditsnya serupa dengan hadits Yusuf bin ‘Athiyyah” Shalih bin Muhammad Albagdadi berkata, “ Haditsnya tidak akan dicatat” Abu Daud dan Annasai berkata,” Dia lemah.” Tahdzibul Kamal XIX:496-497. Bukhari berkata,” Haditsnya munkar.” Tahqiq Tahdzibul kamal, XIX:497.

Kesimpulan: Doa kafaratul majlis tidak disyariatkan

src: http://www.facebook.com/notes/amin-saefullah-muchtar/adakah-doa-kaffaratul-majlis-/159270897437630

About these ads

About rendyadamf
assalamu'alaikum wrwb..salam kenal buat teman - teman semuanya..gw rendy TTL : Bandung, 30-06-84. gw kuliah di UNISBA. gw nulis blog ini hanya untuk curahkan semua pemikiran gw..dan gw udah ubah haluan jalan hidup gw..menjadikan jihad sebagai satu-satunya jalan hidup gw!!

3 Responses to Adakah Doa Kafaratul Majelis

  1. info yang menarik…

    izin nyimak ya…

    di tunggu kunjungan baliknya…

    by auto loan refinancing

  2. agus saptanudin says:

    ijin share ya boss, mdh2n sgt brguna

  3. hafsah lutfiyah says:

    lalu, kesimpulanya gmn???? sorry q lum paham,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 63 other followers

%d bloggers like this: